Kasih Menghalau Kabut Gelap Kebencian

Di suatu senja seorang murid bertanya kepada gurunya, “Guru mengapa bisa timbul kebencian dalam hidup ini?” Sang guru membawa murid itu ke tengah pasar. “Lihat pedagang sayuran itu, mengapa dia tampak riang? Dan lihat di sebelahnya mengapa tampak marah-marah?” Murid itu menjawab cepat, “Pedagang itu riang karena banyak pembelinya, dan satunya marah karena tidak laku buah jualannya.”

Guru itu menimpalinya lagi, “Kebencian muncul pertama-tama karena perbedaan. Kedua, karena hidup berdampingan dengan orang lain. Dan ketiga, karena kurang bahkan tidak ada kasih di dalam hati orang, dan karenanya ia tidak mampu untuk melihat kebahagiaan sesamanya dan sekaligus menerima kekurangan dirinya.”

Perbedaan perlakuan, perbedaan kasih yang diterima seorang anak dapat membuat kebencian terhadap gurunya dan juga terhadap teman-temannya. Perbedaan kedudukan yang berakibat perbedaan penghasilan dan kemudahan membuat seseorang membenci kawan dan atasannya. Perbedaan perhatian yang didapatkan seorang anak dari orangtuanya menimbulkan kebencian yang tidak berujung pangkal.

Kurangnya kasih bahkan tidak adanya kasih membuat hati diliputi oleh kabut gelap kebencian. Oleh karena itu satu-satunya cara untuk menghilangkan kebencian dalam hati kita adalah terus menerus berupaya untuk membesarkan kemampuan untuk mengasihi dengan tulus seraya terus belajar untuk ada bersama dan membiasakan diri untuk turut merasakan susah dan senang mereka yang berada di sekitar kehidupan kita.

Perlahan-lahan waktu dan keadaan akan membuat hati kita semakin luas dan semakin dimampukan untuk tidak terfokus hanya pada kepentingan diri. Semoga pada titik tempuh itu sudah tidak didapati lagi kebencian di dalam hati kita. (Pelangi Kehidupan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s